Asnawi Mangkualam Mengarah Ke Ansan Greeners FC, Duel K-League Siap Disiarkan di Indonesia

Pemberitahuan perekrutan Asnawi Mangkualam Bahar di PSM Makassar mendatangkan dampak yang penting kepada Ansan Greeners. Kondisi itulah yang membikin K-League tengah membentuk konsep untuk mengekspansi pasar siaran duel Liga Korea ke Indonesia.

Ansan Greeners FC pada Jumat (21/01/2021) mengonfirmasi perekrutan pemain asal Makassar ini dari Juku Eja. Tetapi, PSM Makassar sebagai pemilik jasa sang pilar membantah adanya kesetujuan dengan Ansan Greeners.

Faktor itulah yang membikin peresmian punggawa berusia 21 tahun itu sebagai pilar klub yang bermain di K-League 2 ini belum terlaksana. Meskipun begitu, Ansan Greeners FC telah merasai dampak penting terkait konsep berlabuhnya sang pilar.

Instagram resmi milik Ansan Greeners FC mengalami lonjakan followers dari 4 ribu ke 10 ribu pada hari pengumuman perekrutan punggawa berpostur tinggi 170cm ini, Kemudian volume penelurusan tentang Ansan Greeners melonjak 100 kali lipat dalam satu hari.

Indonesia pula merupakan negara keempat dengan penduduk paling banyak dunia yang mayoritas gila bola. Faktor itulah membikin K-League berencana merambah pasar siaran langsung duel sepak bola di Tanah Air.

“Penyedia Hak Siar Luar Negeri untuk K-League yakni Sports Radar Agensi bersiap untuk mengakses pasar Indonesia,” bunyi pernyataan K-League seperti dikutip Interfootball, Selasa (26/1/2021).

K-League berkeinginan, perekrutan eks pemain Timnas Indonesia U-19 ini oleh Ansan Greeners FC mampu meningkatkan pamor Liga Korea di Asia Tenggara. Faktor serupa pula diadakan K-League untuk negara-negara Asia Tenggara lainnya semisal Vietnam, Filipina, Timor Leste.

Arsitek Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyambut semangat keterusan karier mantan punggawa Persiba Balikpapan itu ke Ansan Greeners FC. Sang juru racik menganggap, sang pilar pantas tampil di K-League.

“Asnawi Mangkualam adalah pemain nomor satu di hati saya. Saya tidak pernah meragukan Asnawi Mangkualam. Dia tidak hanya bisa bermain di K League 2, tapi juga di K League 1,” ujar Shin Tae-yong dalam wawancaranya dengan media Korea Selatan, Chosun pada Minggu (24/01/2021).

Bahkan, pelatih asal Korea Selatan ini disebut sebagai sosok yang merekomendasikan eks pemain Timnas Indonesia U-16 itu kepada Ansan Greeners. Sang juru taktik menyebutkan, sang amunisi merupakan pilar Indonesia yang memiliki kemampuan dan kualitas di atas rata-rata.

“Pemain Indonesia memang kurang dukungan secara teknologi. Mental dan jiwa kompetitifnya kalah dengan pemain Korea Selatan. Tapi, Asnawi Mangkualam memiliki kekuatan mental dan fisik,” tegas Shin Tae-yong.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *