Piala Menpora Menjadi Event Pramusim Liga 1 2021

Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita membetulkan bahwa Piala Menpora bakal jadi tajuk event pramusim. Kejuaraan itu akan dilaksanakan sebagai pemanasan sebelum menggulirkan Liga 1 2021.

“Kalau melihat undangan dari PSSI, benar nama turnamennya adalah Piala Menpora,” kata Lukita kepada Bola.com, Kamis (18/02/2021).

Lukita menuturkan operator yang bakal melakukan Piala Menpora nantinya adalah PSSI dan PT LIB. Meskipun begitu, event ini masih menanti restu dari Kepolisian.

“Rencananya PSSI dan PT LIB yang akan menggulirkan turnamen pramusim ini. Soal izin, harapannya sekalian diumumkan sore ini. Kita tunggu sama-sama,” jelas Lukita.

Adapun, PT LIB bareng PSSI bakal menghadap Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali pada Kamis (18/02/2021) sore WIB untuk membahas turnamen pramusim dan kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia di Kantor Kemenpora, Jakarta Pusat.

Sebelumnya materi presentasi sebelumnya, PSSI dan PT LIB berencana menggulirkan event pramusim. Kejuaraan pemanasan sebelum menjelang Liga 1 2021 itu diproyeksikan berlangsung pada 20 Maret sampai 25 April 2021.

Event pramusim itu bakal dilaksanakan di empat kota, Solo, Sleman, Magelang, dan Semarang serta diikuti 18 peserta Liga 1 plus dua peserta Liga 2 musim ini, Sriwijaya FC dan PSMS Medan.

Selain empat kota itu, PSSI dan PT LIB pula mempersiapkan empat lokasi Turnamen Prakompetisi pilihan, yaitu Solo, Samarinda, Lampung, dan Palembang.

“Perlu izin Polri minimal satu bulan sebelum pertandingan pertama Turnamen Prakompetisi yang digelar mulai 20 Maret 2021. Setelah izin keluar, klub memerlukan waktu satu bulan untuk konsolidasi dengan pelatih, pemain, dan lain-lain,” tulis PSSI dan PT LIB dalam materi presentasi rancangan Liga 1.

“Penting bagi operator untuk menjadikan Turnamen Prakompetisi sebagai persiapan dan menguji simulasi protokol kesehatan dalam pertandingan pada masa pandemi COVID-19. Pertandingan dilaksanakan tanpa penonton sehingga turnamen bisa menjadi bahan evaluasi terkait perilaku suporter yang dilarang nonton bareng dan berkerumun.”

“Turnamen Prakompetisi ini juga dapat menjadi ajang pemanasan bagi setiap klub sekaligus untuk melakukan seleksi pemain baru sebelum dikontrak,” demikian alasan PSSI dan PT LIB ingin menggelar Turnamen Prakompetisi.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *