Turnamen Piala Menpora Berkesudahan, Sampai Ketemu di Liga 1!

Berakhir sudah turnamen pramusim bertajuk Piala Menpora 2021 yang diikuti oleh 17 tim Liga 1. Persija Jakarta keluar sebagai kampiun usai mengatasi perlawanan Persib Bandung dengan keunggulan agregat brace 4-1 di laga final.

PSS Sleman berada di peringkat ketiga disusul PSM Makassar di posisi keempat. Apaun beberapa penghargaan individu diberikan kepada pilar atas performa selama ajang Piala Menpora.

Secara umum, pemerintah lewat Menpora selaku pemilik turnamen, memberi apresiasi yang besar atas terselenggaranya hajatan dengan predikat berhasil. Penyelenggaraan turnamen pramusim itu yang dimulai sejak 21 Maret dan berakhir 25 April kemarin, berlangsung dengan aman dan lancar.

Terutama berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan sebagai pedoman persebaran pendemi Corona. Mengingat turnamen ini dihelat secara ketat di masa pandemi. Menpora, Menpora, Zainudin Amali bersyukur atas berhasilnya penyelenggaraan duel dari awal sampai akhir.

“Pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora sudah selesai, selama 35 hari kita mengawal, Alhamdulillah lancar aman, menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. Hal yang menggembirakan buat kita semua. Karena kekhawatiran awal yang tidak mungkin terlaksana dengan lancar dan aman atau protokol kesehatan terlanggar,” terangnya dalam Jumpa pers di Solo, Senin (26/04/2021).

“Sampai ditutupnya Piala Menpora diikuti penyerahan trofi, berjalan sesuai rencana. Tentunya kami mengapresiasi kepada pihak terkait di empat lokasi, begitu juga tenaga medis yang selalu bekerja menegakkan protokol kesehatan,” tutur Menpora.

Zainudin Amali turut menyanjung proses berjalannya turnamen yang tanpa adanya bentuk pelanggaran. Pada pendukung dari 17 klub yang mematuhi aturan main dan imbauan dari pemerintah dan pelaksanaan.

“Apresiasi juga untuk para pimpinan suporter, kepolisian, tenaga medis, kementerian kesehatan yang memberikan vaksin, hingga rekan-rekan media yang memberikan dukungan positif melalui berbagai pemberitaan”.

“Secara keseluruhan pelaksanaan Piala Menpora berjalan dengan aman dan lancar. Sepakat dengan banyak yang mengatakan sukses. Ini ujian menuju kompetisi 2022-2022, baik Liga 1 maupun Liga 2 nanti,” lanjutnya.

Meskipun begitu, keberhasilan turnamen pramusim itu dari pembukaan sampai penutupan tercoreng dengan euforia pendukung setelah duel puncak. Suporter Persija, The Jakmania berkonvoi di jalanan Ibukota merayakan pesta kampiun klub kebanggaannya.

Sementara di Bandung, terjadi aksi bentu protes dari para suporternya di jalanan dan kantor Persib. Kekecewaan dirasai para Bobotoh (suporter Persib) atas hasil kekalahan di partai puncak.

Ada kerumunan masa dalam jumlah besar di dua daerah itu amat disesalkan. Mengingat sejak awal, semua elemen di luar laga dilarang keras hadir ke stadion menghelat nonton bareng, atau membikin kerumunan dalam merayakan hasil.

“Mendapat kabar adanya euforia yang berlebihan dari para pendukung. Sikap yang sangat fanatis terlalu berlebihan. Berkumpul di jalan membawa bendera, begitu juga kemarahan dari pendukung Persib karena kekalahan timnya,” beber Zainudin Amali.

“Untuk ini semua, kami berkali-kali imbauan supaya siapapun juaranya disikapi dengan syukur saja, tanpa perayaan atau pawai yang berlebihan, menjadi ranah pihak berwajib. Kami prihatin dengan kejadian itu,” tegasnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *