Piala AFC 2021: Demi Pengalaman Pilar, Pelatih Persipura Jayapura Lebih Senang Timnya Bermain di Luar Negeri

Juru racik Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago berkeinginan skuatnya mampu menjalani laga Piala AFC 2021 di luar negeri. Sang juru latih berpendapat, tampil di luar negeri akan memberi pengalaman penting untuk anak didiknya.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) hingga saat ini belum memutuskan negara tuan rumah untuk Piala AFC 2021. Faktor itu terjadi usai Singapura mundur sebagai tuan rumah lantaran Corona.

Keadaan itu membikin semua laga penyisihan Grup G yang dihuni Bali United dan Grup H yang diisi Mutiara Hitam belum jelas. Arsitek asal Brasil itu menilai keadaannya saat ini serba susah lantaran wabah virus Corona yang belum mereda.

“Menurut saya, dengan materi pemain muda yang kami miliki ini, alangkah lebih baik bila kami pergi ke sebuah negara yang baru untuk memberikan pengalaman lebih kepada mereka, supaya proses kematangan mereka dipercepat,” kata Jacksen F. Tiago.

“Dari aspek teknis, jelas menguntungkan kami kalau bermain di Indonesia. Akan tetapi dari aspek pengalaman hidup, bermain di luar negeri akan menjadi pengalaman berharga buat anak-anak baru yang ada di Persipura terutama untuk proses pembentukan karakter,” tegas pelatih asal Brasil itu.

Tim asal Jayapura itu terlabuh di Grup H Piala AFC 2021 bareng Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion City Sailors (Singapura), dan Saigon FC (Vietnam). Mereka sama sekali belum pernah berhadapan dengan kandidat musuh itu.

Mutiara Hitam saat ini masih menggeber persiapan untuk bermain di Piala AFC 2021. Tim besutan Jacksen F. Tiago itu memilih DKI Jakarta sebagai tempat untuk menghelat TC.

Selama di Jakarta, Mutiara Hitam bakal mengukur kemampuan untuk bermain pada partai uji tanding. Konsepnya, Persipura bakal meladeni Persita Tangerang sampai Persib Bandung.

Mutiara Hitam dikejar waktu untuk segera memantapkan persiapan Piala AFC 2021. Pada partai pembuka yang dilaksanakan 29 Juni 2021, Persipura sudah ditunggu Kedah Darul Aman.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *