Punggawa Persebaya Surabaya Tetap Menunjukkan Gairah, Meskipun Latihan Tanpa Aji Santoso

Tim Persebaya Surabaya latihan tanpa juru racik kepala Aji Santoso mulai hari ini. Sang pelatih sudah tidak tampak saat Rendi Irwan dan rekan-rekan latihan di Stadion Gelora 10 November, Surabaya, Selasa (15/06/2021) sore WIB.

Penyebabnya, nahkoda asal Malang itu dan asisten arsitek Bejo Sugiantoro mengikuti sebuah acara yang dilakukan oleh sponsor Bajol Ijo di Jakarta. Selain itu, tiga punggawa tim asal Kota Pahlawan itu, yaitu Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, dan Samsul Arif pula tidak datang. Mereka bakal absen hingga beberapa hari ke depan.

Latihan Persebaya Surabaya diambil oleh asisten pelatih Mustaqim mulai hari ini. Sosok juru latih berusia 56 tahun itu melakukan arahan dari eks arsitek Persela Lamongan itu selama absen nanti.

“Saya pikir tidak ada masalah. Artinya, program dari Coach Aji yang menjalankan juga asisten pelatih. Saya dan Coach Aji selalu berpesan, ada pelatih kepala atau tidak. Tetap latihan seperti ada pelatih kepala,” ujar asisten pelatih yang karib disapa Abah Taqim itu.

“Yang membuat program tetap adalah pelatih kepala, kami asisten pelatih hanya menjalankan program. Anak-anak juga menjalankan latihan dengan 100 persen. Latihan terakhir pun lari 50 meter juga maksimal. Tapi, saya lihat anak-anak luar biasa,” imbuhnya.

Bajol Ijo masih dalam tahap memberi latihan untuk penguatan fisik dan latihan ringan demi memandang Liga 1 2021/2022. Usaha untuk membikin para pilar kompak pula menjadi perhatian.

Kedatangan para legiun asing anyar pula membikin jajaran juru racik masih butuh mengenalkan gaya permainan Bajol Ijo. Seluruh punggawa asing yang digaet oleh Persebaya pada musim ini belum sempat berkarier di Indonesia.

Para pilar impor Bajol Ijo itu adalah Taisei Marukawa dari Jepang, lini belakang Alie Sesay dari Sierra Leone, dan duo Brasil, yaitu bomber Jose Wilkson dan winger Bruno Moreira. Mereka masih butuh menyesuaikan diri di klub anyar.

Selain itu, Mustaqim menyebutkan bahwa pihaknya menanti kehadiran pilar yang baru saja kembali dari membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Mereka adalah Rizky Ridho, Rachmat Irianto, Arif Satria, dan Ady Setiawan.

“Hari ini kami latihan, tetap belum ke taktikal karena menunggu pemain-pemain lengkap, menunggu pemain-pemain tim nasional. Mereka mungkin baru datang pada 19 Juni nanti,” ucap Mustaqim.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *