Persib Bandung Belum Memiliki Tempat Latihan, Pelatih Maung Bandung Bersabar

Persib Bandung sampai saat ini masih belum punya tempat latihan sendiri. Dalam melakoni latihan, Pangeran Biru pun selalu berpindah-pindah.

Mulai dari Stadion GBLA, Kota Bandung, Stadion Si Jalak Harupat, Lapangan Arcamanik, Lapangan Lodaya, sampai Lapangan Ispire Arena, Lembang, dan lapangan di daerah Pasteur Kota Bandung.

Ketika wabah, tim asal Kota Kembang ini lebih kerap memakai Stadion GBLA, Inspire Arena, dan lapangan rumput sintetis di daerah Pasteur, Kota Bandung.

Tidak takjub, tuntutan pun makin gencar kepada manajemen Maung Bandung untuk segera membangun fasilitas supaya dalam melakoni latihan tidak berpindah-pindah.

Juru racik Maung Bandung, Robert Alberts menyebut wajar dengan adanya tuntutan itu. Tetapi, untuk saat ini tidak tepat sebab masih pandemi dan tim tidak memperoleh pemasukan maksimal.

“Saya tidak tahu kenapa di situasi pandemi ini. Tentu sulit. Kami hidup dengan gaji yang hanya 25 persen, tapi tetap mendukung manajemen Persib Bandung karena kami tahu uang tidak datang dengan mudah,” ujar Robert saat dihubungi awak media, Sabtu (10/07/2021).

Nahkoda berusia 66 tahun ini mengaku banyak orang memberi tekanan dengan tuntutan masalah fasilitas. Tim kebanggaan Bobotoh itu sudah punya konsep untuk membangun fasilitas dan sudah ada lokasinya.

“Tapi kami tahu ini akan terwujud dalam situasi tertentu, yang mana bukanlah saat ini. Tentu saja jika kami memiliki fasilitas latihan untuk kami dan akademi sendiri, maka kami tidak akan lagi bergantung kepada pemerintah untuk menyewa lapangan ataupun stadion,” cetus Robert.

Dengan fasilitas yang dipunyai Maung Bandung, tentu ujar eks arsitek PSM Makassar itu anak didiknya mampu berlatih di bawah sejumlah aturan berkenaan dengan keamanan dan kesehatan.

“Kami percaya, tidak lama setelah pandemi ini berakhir, pembangunan akan segera dilakukan dan kami menantikan saat-saat tersebut,” ungkap pelatih berusia 66 tahun ini.

Pangeran Biru saat ini sudah punya lahan seluas 10 hektare di daerah Gedebage, Kota Bandung, tepatnya berdekatan dengan Stadion GBLA, Kota Bandung.

Lahan selebar itu, konsepnya bakal dibikin dua lapangan untuk sesi latihan, mess punggawa Pangeran Biru, kantor manajemen Persib, pertokoan merchandise Persib, tempat fitnes, kolam renang, dan fasilitas pendukung lainnya.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono pernah menuturkan bahwa pihaknya bakal segera membangun sarana dan prasarana di daerah Gedebage tersebut.

Tetapi, ia belum mampu menentukan kapan bakal mulai pembangunannya, terlebih saat ini keadaannya tengah pandemi virus Corona.

“Untuk membangun sarana dan prasarana seluas itu tidak semudah membalikan telapak tangan, butuh waktu karena memang butuh dana yang cukup besar. Yang penting lahannya sudah ada,” ucap Teddy.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *