Pendukung Persebaya Surabaya Bangga Meskipun Bajol Ijo Tidak Berhasil Lolos ke Semifinal Piala Menpora 2021

Persebaya Surabaya banjir sanjungan usai berlaga meladeni Persib Bandung dalam perempat final Piala Menpora 2021. Padahal, tim asal Kota Pahlawan ini takluk 2-3 dalam partai yang dihelat di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/04/2021).

Kekalahan itu membikin Bajol Ijo tidak berhasil melaju ke babak semifinal. Tapi, Bonek, pendukung Persebaya, tetap memuji performa yang diperlihatkan oleh Rachmat Irianto dan rekan-rekan dalam laga bertajuk Perang Dulur tersebut.

Tim besutan Aji Santoso itu babak belur di babak pertama dengan langsung tertinggal 0-3 via Ezra Walian (1’), Wander Luiz (6’), dan Nick Kuipers (37’). Lebih sial lagi, penjaga gawang Satria Tama memperoleh kartu merah di injury time babak pertama.

“Jujur saja, harus diakui bahwa selama babak pertama penampilan Persebaya sangat di luar harapan. Sudah kebobolan tiga gol, juga harus bermain dengan 10 pemain karena kartu merah di injury time babak pertama,” kata Husin Ghozali, koordinator Green Nord alias Bonek tribune utara, kepada Bola.com.

Bajol Ijo kemudian bermain mengesankan selama babak kedua dan menguasai permainan. Mereka berupaya membalas gol supaya mampu memperkecil skor.

Dua brace tim kebanggaan Bonek dan Bonita ini dicetak oleh rif Satria (62’) dan Mokhamad Syaifuddin (90+3’). Gairah jaung Rachmat Irianto dan rekan-rekan cukup kentara untuk menyamai skor dan meneruskan laga ke babak adu penalti.

“Pemain mau bangkit di babak kedua. Sudah terlihat Persib kelabakan menghadapi tekanan Persebaya. Sampai detik-detik akhir pun Persebaya mampu memberi ancaman. Itu luar biasa dan harus diapresiasi,” imbuh pria yang akrab disapa Cak Cong itu.

Meskipun mengalami kekalahan, Bajol Ijo harus menegakkan kepala ketika pulang ke Surabaya nanti. Pasalnya, penampilan mereka di atas lapangan telah baik dengan berbagai rancangan yang tidak gampang itu.

Belum lagi hal jomplangnya kualitas antara keuda tim. Bajol Ijo sudah berkomitmen akan mengandalkan pilar muda.

Beberapa dari mereka bahkan melakoni debut profesional di Piala Menpora 2021. Nama-nama seperti Rizky Ridho, Ernando Ari Sutaryadi, Mochammad Supriadi, Koko Ari Araya, dll. merupakan produk Elite Pro Academy, ajang kelompok usia di bawah PSSI.

Sedangkan materi tim Pangeran Biru di atas kertas memang jauh lebih unggul dari Bajol Ijo. Persib memiliki punggawa lokal seperti Frets Butuan hingga Ferdinan Sinaga. Jangan lalaikan pula keberadaan amunisi asing dan naturalisasi.

“Patut dicatat, Persebaya di pertandingan ini menurunkan pemain muda. Banyak dari mereka jebolan Elite Pro Academy. Sedangkan Persib sangat lengkap. Pemain lokalnya lebih bagus, lalu ada pemain asing dan naturalisasi. Jadi, Persebaya ini sudah berkualitas,” ucap Cak Cong.

Menurut Cak Cong, performa Bajol Ijo selama turnamen pramusim ini pula telah lebih dari cukup. Cuma beberapa kekuerang yang butuh diperbaiki, termasuk perekrutan pilar di posisi tertentu untuk Liga 1 2021.

“Bagaimanapun, Bonek sangat bangga dengan apa yang ditunjukkan oleh pemain Persebaya. Mereka sudah bermain spartan dengan semangat juang tinggi. Pemain sudah menunjukkan penampilan yang luar biasa,” ucapnya.

“Kami tentu berterima kasih kepada manajemen, pelatih, dan semua pemain. Ini adalah turnamen pramusim. Pelatih berani menurunkan pemain muda, dan mereka tampil bagus. Saya rasa ini menjadi modal penting di Liga 1 nanti,” tutur Cak Cong.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *