Liga 1 Tidak Ada Sistem Degradasi, Persis Solo Santai Saja

Wacana Liga 1 musim ini tidak ada degradasi menimbulkan pro dan kontra. PSSI mengklaim cuma mengakomodasi permintaan sejumlah tim untuk menghapus sistem degradasi musim ini.

Persis Solo menanggapi dengan kalem dan santai atas regulasi itu.

“Kami di Liga 2, ya dinikmati saja. Slot dua tim di Liga 1 yang harus kami kejar, sekuat tenaga. Sesuai regulasi kami ikut saja di grup mana saja, lawan tim apa saja juga harus siap,” kata Komisaris Utama Persis Solo, Kevin Nugroho, Jumat (07/05/2021).

Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengungkapkan, pihaknya memperoleh desakan dari kebanyakan kontestan Liga 1 dan Liga 2 untuk menghapus degradasi di musim ini, tetapi tetap memberlakukan sistem juara dan promosi.

Sebelumnya dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI 3 Mei 2021, PSSI memutuskan untuk melenyapkan metode degradasi di ajang kasta tertinggi musim ini, dengan klaim permintaan dari mayoritas peserta.

Permohonan beberapa kontestan itu bakal dibawa ke Kongres Tahunan PSSI untuk diputuskan pada 29 Mei mendatang. Tetapi dihapuskannya sistem degradasi tidak berlaku untuk format Liga 2.

Dua tiket untuk naik kasta sudah disediakan oleh PSSI bagi peserta ajang kasta kedua sepak bola Indonesia. Jumlah ini berkurang satu dibanding musim-musim sebelumnya. Umumnya, tiga klub bakal promosi ke Liga 1 menggantikan tiga tim yang turun kasta.

Dengan formula seperti ini, praktis jumlah kontestann ajang kasta tertinggi pada tahun depan atau musim 2022/2023 bakal meningkat menjadi 20 klub.

Persis Solo masih fokus pada persiapan pembentukan skuat. Sejauh ini Laskar Samber Nyawa sudah mengikat masa kerja 28 pilar atau mencapai 95 persen susunan timnya.

Laskar Samber Nyawa pula bermaterikan banyak pilar bintang musim ini. Sebut saja, Alberto ‘Beto’ Goncalves, Assanur Rijal, Marinus Manewar, Miftahul Hamdi. Persis Solo pula baru saja memberitahukan perekrutan lini belakang sayap, Eky Taufik asal Persela Lamongan.

“Sebelumnya sudah latihan rutin digelar. Meski saat ini sedang libur untuk fokus lebaran. Selain rutin latihan, ada agenda uji coba setelah ada kepastian akan diumumkan lawan-lawannya,” jelas Kevin Nugroho.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *